Minggu, 08 Februari 2009

Jenis-Jenis Transaksi

Bisnis merupakan mata pencaharian semua orang di bumi ini. apapun bentuknya, esensi dari itu semua berorientasi dan bisa diklasifikasikan sebagai bisnis. Bisnis tak lepas dari transaksi jual beli. semenjak manusia mengenal jual beli, barang yang ditransaksikan dan caranya semakin berkembang. Dalam hal ini perlu adanya suatu aturan yang mengikat.
Dalam aturan islam, jual beli tidak lepas dari perhatiannya. walaupun jual-belil sudah ada sebelum aturan islam lahir namun islam datang untuk meluruskan segala sesuatu yang salah urus. Dengan adanya aturan ini, antara kedua belah pihak akan mendapatkan keadilan. Apabila aturan itu di lakukan sesuai prosedur dan sesuai dengan keinginan stakeholder (Allah).
Dalam aturan ini, jika dilihat dari jenis jual-beli ada tiga jenis batasan transaksi, yaitu:
  1. jual beli benda yang jelas. dalam hukum islam, jual-beli ini diperbolehkan dengan syarat barabg dan jasa yang ditawarkan tidak bertentangan dengan ketentuan yang telah diatur dalam islam, bisa dimanfaatkan dan milik pribadi secara penuh maupun milik kelompok dengan izin dari semua anggota kelompok.
  2. jual-beli barang atau jasa yang hanya diketahui/ disebutkan sifatnya. transaksi ini harus sesuai dengan apa yang telah ditawarkan penjual. apabila tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan maka konsumen berhak komplain atau meminta jaminan.
  3. jual-beli barang yang tidak nampak & tidak jelas. transaksi demikian dilarang dalam islam dikarenakan akan ada pihak yang dirugikan dengan transaksi itu.

1 komentar:

  1. Keren bgt mas fandi isinya...

    Tanya dong, batasannya selain itu apalagi?:-)

    BalasHapus