Senin, 22 Maret 2010

obligasi

Obligasi adalah utang jangka panjang yang akan dibayar kembali pada saat jatuh tempo dengan bunga yang tetap jika ada. Sedangkan utang jangka pendek disebut bill. Nilai utang obligasi akan dibayar pada saat jatuh tempo. Obligasi membayar bunga yang besarnya tetap sehingga dikenal dengan sekuritas pendapatan tetap.
Kode obligasi
Obligasi di pasar modal diberikan kode untuk membedakan suatu obligasi dengan yang lainnya, pencarian, pengorganisasian data dan menunjukan karakteristik obligasi. Berikut kode obligasi:
AAAABBBCCDEFG
AAAA: singkatan dari nama penerbit obligasi, BBB: kode untuk nomor obligasi yang diterbitkan, CC: suku bunga dan opsi turunan, D: tipe obligasi, E: tipe dari suku bunga, FG: kode dari scriptless.
Obligasi seri dan termin
Serial bond adalah suatu kelompok obligasi yang obligasinga akan jatuh tempo berurutan, yaitu satu ataqu lebih obligasi akan jatuh tempo periode berikutnya setelah satu atau lebih obligasi lainnya jatuh tempo. Term bond adalah obligasi yang jatuh tempo bersamaan waktunya.
Macam-macam obligasi
Obligasi pemerintah (SUN): penerbitnya adalah pemerintah namun memiliki sifat yang sama dengan obligasi perusahaan.
Municipal bond: obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.
Obligasi perusahaan: janji perusahaan penerbit obligasi untuk mematuhi semua ketentuan yang dituliskan kepada pihak tertentu yang dipercaya.
Nilai obligasi
Nilai maturity obligasi: nilai yang dijanjikan akan dibayar pada jatuh tempo yang memiliki nilai nominal dan nilai par.
Nilai pasar obligasi: nilai jual oblligasi yang terdaftar di pasar modal pada saat tertentu.
Nilai intrinsic obligasi: perkiraan nilai sesungguhnya dari suatu obligasi.
Likuiditas obligasi menunjukan seberapa cepat investor dapat menjual obligasi tanpa harus mengorbankanharga obligasinya. Diukur dengan rentang permintaan-penawaran.
Hasil obligasi
Beberapa pengukuran yield obligasi diantaranya: hasil sekarang (current yield) diukur dengan nilai kupon setahun dibagi dengan nilai pasar obligasi saat ini. Hasil sampai maturity (yield to maturity) dimana tingkat return dari obligasi yang dibeli dengan harga pasar sekarang dan disimpan sampai jatuh tempo. Hasil sampai ditarik (yield to call) yaitu return dari obligasi sekarang sampai dengan tanggal obligasi ditarik kembali.
Hak tarik
Hak tarik atau provisi tarik (call provision) adalah hak penerbit obligasi untuk membayar obligasinya pada nilai par sewaktu-waktu sebelum jatuh tempo.
Rentang hasil (yield spreed) adalah perbedaan antara yield to maturity (YTM) yang dijanjikan dengan YTM suatu obligasi bebas gagal (default free) yang mempunyai nilai kupon dan waktu maturity yang sama.
Resiko obligasi (bond rating) adalah symbol-simbol karakter yang diberikan oleh agen peringkat untuk menunjukan resiko dari obligasi.
Teorama penilaian obligasi
1. Kaitannya dengan suku bunga
a. Harga obligasi berbanding terbalik dengansuku bung pasar,
b. Penurunan suku bunga lebih sensitive terhadap harga obligasi dibandingkan dengan kenaikan suku bunga
2. Kaitannya dengan maturity
a. Besarnya perubahan harga obligaasi berhubungan positif dengan waktu maturity,
b. Perubahan harga obligasi tersebut terjadi dengan tingkat mrnurun sejalan dengan meningkatnya maturity.
3. Kaitannya dengan kupon.
Besarnya presentasi perubahan harga obligasi akibat dari perubahan suku bunga berhubungan terbalik dengan tingkat kupon.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar